Sunday, October 10, 2010

Jenis jenis sistem operasi

1. DOS
 DOS adalah singkatan dari Disk Operating System. DOS merujuk padaperangkat sistem operasi yang digunakan di banyak komputer yangmenyediakan abstraksi dan pengelolaan perangkat penyimpan sekunder daninformasinya. Misalnya penggunaan sistem file yang mengelola file-file yang adapada perangkat penyimpan. DOS biasanya dijalankan dari satu atau dua disc.Hal ini karena pada masa DOS digunakan media penyimpan masih sangatterbatas kemampuannya (paling besar mungkin hanya 1,4 Megabyte).Ada banyak jenis DOS diantaranya Apple DOS, Commodore DOS, AtariDOS dan lain-lain. Jenis ini sangat bergantung dengan jenis perangkatkomputernya. Jenis DOS yang paling terkenal adalah jenis DOS yang berjalanpada mesin-mesin yang compatible dengan IBM Personal Computer.Untuk menjalankan perintah-perintah sistem operasi, DOS menggunakanperintah berbasis teks atau CLI. Setiap kali selesai mengetikkan suatu perintah,kita harus menekan tombol ENTER untuk mengeksekusi perintah tersebut.

2. UNIX 
UNIX adalah sistem operasi yang mula-mula dikembangkan oleh suatukelompok di AT & T pada laboatorium Bell. Unix banyak digunakan baik untukserver maupun workstation. Linkungan Unix dan model program client-servermenunjukkan bahwa Unix lebih dikembangkan sebaga sistem operasi yang kuatdi jaringan komputer dari pada sistem operasi untuk computer personal.<
br UNIX dirancang untuk portable, multi-tasking, dan multi-user. Konseputama Unix antara lain banyak menggunakan file teks biasa untuk menyimpandata, menggunakan sistem file berjenjang, memperlakukan perangkat sebagaisuatu file, dan menggunakan banyak program kecil yang eksekusinya pada CLIdapat digabung dengan tanda pipeline (|). Pada Gambar 5.2 di atas, tampakbeberapa perintah UNIX yang digabung dengan pipeline. Konsep yang sangatsolid dan stabil membuat Unix banyak dijadikan dasar sistem operasi modern.

3. Microsoft Windows 
Micosoft Windows atau orang lebih sering menyebut Windows saja padaawalnya hanyalah add-on dari MS-DOS karena tingginya tuntutan pada sistemoperasi yang berbasis GUI. Versi awal Windows berjalan di atas MS-DOS. Meskidemikian Windows versi awal telah menunjukkan beberapa fungsi-fungsi yangumum dijumpai dalam sistem operasi, antara lain: memiliki tipe file executabletersendiri, memiliki driver perangkat keras sendiri, dan lain-lain.Secara konsep sebenarnya Windows lebih banyak ditujukan bagikomputer personal. Pada awalnya Windows juga tidak mendukung konsepmulti-tasking dan multi-user. Akomodasi terhadap jaringan atau fungsi-fungsiclient-server juga tidak sekuat pada UNIX dan turunannya. Sehingga masalahyang sering muncul di sistem operasi Windows adalah masalah keamanan yangberhubungan dengan jaringan. Namun Windows memiliki kelebihan dari sisikemudahan pemakaian. Pada versi yang terbaru (Windows Vista) konsep multiuserdan multi-tasking telah semakin matang. Selain itu tampilan GUI telahdirubah dengan banyak menggunakan efek tiga dimensi.

4. Apple Mac OS 
Seperti terlihat pada Gambar 5.10, Apple Mac OS merupakan turunandari UNIX melalui jalur BSD (Berkeley Software Distribution). Oleh karena itukekuatan dalam multi-tasking, multi-user, networking yang ada pada UNIX jugadimiliki oleh Mac OS. Mac OS adalah sistem operasi berbasis GUI. Applemerupakan pelopor dalam penggunaan GUI pada sistem operasi. Penggunaanicon, mouse dan beberapa komponen GUI merupakan sumbangan yang luarbiasa bagi perkembangan sistem operasi berbasis GUI.Versi awal dari Mac OS hampir secara penuh mengandalkan padakemampuan GUI-nya dan sangat membatasi penggunaan CLI (Gambar 5.15).Meskipun sangat memudahkan namun ada beberapa kelemahan, antar lain:multi-tasking yang tidak berjalan sempurna, pengelolaan memori yang terbatas,dan konflik pada beberapa program yang ditanamkan. Memperbaiki sistem MacOS kadang-kadang menjadi suatu pekerjaan yang sangat melelahkan.Pada Mac OS X (versi terbaru), semua kelemahan pada versi lama telahcoba dihilangkan. Multi-tasking telah berjalan dengan baik dan manajemenmemori yang jauh lebih baik. Selain itu tampilan GUI-nya disebut-sebut sebagaiyang terbaik di antara sistem operasi yang ada.

5. Linux 
Linux sangat mirip dengan sistem-sistem UNIX, hal ini dikarenakankompatibilitas dengan UNIX merupakan tujuan utama desain dari proyek Linux.Perkembangan Linux dimulai pada tahun 1991, ketika mahasiswa Finlandiabernama Linus Torvalds menulis Linux, sebuah kernel untuk prosesor 80386,prosesor 32-bit pertama dalam kumpulan CPU intel yang cocok untuk PC.Dalam banyak hal, kernel Linux merupakan inti dari proyek Linux, tetapikomponen lainlah yang membentuk secara komplit sistem operasi Linux. Dimanakernel Linux terdiri dari kode-kode yang dibuat khusus untuk proyek Linux,kebanyakan perangkat lunak pendukungnya tidak eksklusif terhadap Linux,melainkan biasa dipakai dalam beberapa sistem operasi yang mirip UNIX.Contohnya, sistem operasi BSD dari Berkeley, X Window System dari MIT, danproyek GNU dari Free Software Foundation.Pembagian (sharing) alat-alat telah bekerja dalam dua arah. Sistemperpustakaan utama Linux awalnya dimulai oleh proyek GNU, tetapiperkembangan perpustakaannya diperbaiki melalui kerjasama dari komunitasLinux terutama pada pengalamatan, ketidak efisienan, dan bugs. Komponen lainseperti GNU C Compiler, gcc, kualitasnya sudah cukup tinggi untuk dipakailangsung dalam Linux. Alat-alat administrasi network dibawah Linux berasal darikode yang dikembangkan untuk 4.3BSD, tetapi BSD yang lebih baru , salahsatunya FreeBSD, sebaliknya meminjam kode dari Linux, contohnya adalahperpustakaan matematika Intel floating-point-emulation.Saat ini, Linux merupakan salah satu sistem operasi yangperkembangannya paling cepat. Kehadiran sejumlah kelompok pengembang,tersebar di seluruh dunia, yang selalu memperbaiki segala fiturnya, ikutmembantu kemajuan sistem operasi Linux. Bersamaan dengan itu, banyakpengembang yang sedang bekerja untuk memindahkan berbagai aplikasi keLinux (dapat berjalan di Linux).Masalah utama yang dihadapi Linux dahulu adalah interface yang berupateks (text based interface). Ini membuat orang awam tidak tertarikmenggunakan Linux karena harus dipelajari terlebih dahulu dengan seksamauntuk dapat dimengerti cara penggunaannya (tidak user-friendly). Tetapikeadaan ini sudah mulai berubah dengan kehadiran KDE dan GNOME. Keduanyamemiliki tampilan desktop yang menarik sehingga mengubah persepsi duniatentang Linux./ >

No comments:

Post a Comment